NTT Zona Merah, Tohe Leten Perketat Posko Desa Siaga COVID-19

Iklan Pandu Desa Tohe

Kikit_TOHELETEN.SIDEKA.ID.  Meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) Pemerintah Desa Tohe Leten memperketat posko penjaga di perbatasan desa dalam menangkal dan mencegah penyebaran pandemi virus Corona di Belu dan secara khusus di Desa Tohe Leten, Kecamatan Raihat.

Foto: Evo/Posko Covid-19 Kikit Desa Tohe Leten

“Posko Desa yang didirikan atas prakarsa pemerintah desa melalui satuan tugas Desa Siaga ini dibangun sebagai langkah untuk mengantisipasi dan upaya pencegahan Virus di desa Tohe Leten. Meskipun hingga saat ini belum ada kasus di Kabupaten Belu namun dengan semakin bertambahnya jumlah kasus yang tiap hari semakin meningkat di tingkat propinsi NTT kami bersama masyarakat secara khusus para pemuda desa antusias untuk melawan wabah penyakit yang meresahkan ini”, papar Wilhelmus Bau selaku Kepala Desa.

Andri Meti (Piket) yang ditemui tim media desa pada, Minggu (17/05) mengatakan petugas yang berjaga di Posko Covid Desa Tohe Leten ini dibagi piket sehingga tiap hari ada yang bergantian untuk menjaga. Terkait kegiatan utama yang dilakukan diposko ini ialah mendata masyarakat desa dan masyarakat luar desa yang melintasi posko dari dan menuju kota Atambua, melakukan penyemprotan disinfektan pada setiap kendaraan dan para pengemudi serta penumpang diwajibkan mencuci tangan, serta memastikan semua orang wajib menggunakan masker untuk bepergian.

“Hal ini kami lakukan agar masayarakat tetap terjaga dan terhindar dari penyebaran virus Corona di wilayah desa dan sekitarnya. Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat desa agar tidak keluar wilayah apabila tidak ada keperluan yang mendesak dan selalu menjaga kesehatan, menjaga jarak dan tidak lupa jaga pola makanan yang bergizi serta selalu mengunakan masker” tambah Aprianus Meti.

Semangat dan anusias dari para kaum muda sangat nampak pada posko penjagaan ini, namun minimnya alat pelindung diri (APD) menjadi tantangan dan bahaya tersendiri karena petugas yang mendapat piket untuk menjaga hanya mengandalkan masker dan tidak ada alat pelindung lain. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus dan perlu menjadi bahan evaluasi karena bisa saja petugas yang berjaga lebih gampang terpapar dengan virus karena tidak dilengkapi dengan APD sesuai dengan standar pada umumnya. (Adm_Evo Sury)

 

About toheleten 28 Articles
Desa Tohe Leten dengan ibu kota desanya Wilain merupakan salah satu Desa di wilayah perbatasan RI-RDTL dalam wilayah Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan