Lestarikan Budaya Tenun, Empat Kelompok Tenun Masyarakat di Tohe Leten Memulai Latihan Pencelupan Benang

Wilain, toheleten.sideka.id,. Semangat para ibu di Desa Tohe Leten Kabupaten Belu untuk mempertahankan budaya tenun dibangkitkan lagi dengan adanya perhatian Pemerintah Desa yang pada tahun ini melalui APBDes Tohe Leten menganggarkan dana senilai Rp. 23.313.000 (Dua Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Tiga Belas Juta Rupiah) untuk memulai melestarikan kembali Budaya tenun ikat-kain dengan Tahapan Pelatihan Pencelupan Benang pada hari ini (Kamis, 21/12/2017) bertempat di Aula Kantor Desa Tohe Leten-Wilain.

Foto: Engel T/Pelatihan Pencelupan Benang di Desa Tohe Leten dengan Motif Niki (Kelelawar)

Kegiatan ini difasilitasi langsung oleh Pemerintah Desa Tohe Leten, dan yang menjadi narasumber/instruktur ialah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Belu dengan peserta yang melibatkan ibu-ibu sebanyak 42 orang dari empat Dusun di wilayah Desa Tohe Leten yang terbagi menjadi empat kelompok Tenun. Kegiatan Pencelupan benang sendiri merupakan pekerjaan dasar yang harus dilalui untuk sampai pada proses menenun. Adapun tahapan dalam pencelupan benang sendiri terdiri dari; Penyabunan, Pewarnaan, Pembangkit warna, Pewarnaan dengan zat Naptol, Pewarnaan dengan zat warna Belerang dan tahap terakhirnya adalah Pewarnaan dengan campuran bahan alamiah.

Pemerintah Desa Tohe Leten sendiri merencanaan kegiatan pelatihan kepada masyarakat di Desa ini dengan maksud dan tujuan agar dapat meningkatkan sumber daya dari pada anggota kelompok Tenun, Mendorong adanya peningkatan pendapatan ekonomi kelompok/masyarakat, Meningkatkan kualitas kain yang di hasilkan, dapat membuka akses pasar lebih luas, dan dapat meningkatkan jiwa berwirausaha kelompok/masyarakat.

Yonas E. Talok, S.Pd selaku Kepala Desa Tohe Leten juga berharap Motif Niki (Kelelawar) kiranya menjadi motif paten di desa ini sebagai ikon unggulan di Tohe Leten, selain itu Pemerintah Desa juga merencanakan akan membangun sarana berupa Gedung Seni Masyarakat Desa Tohe Leten pada tahun 2018 mendatang. (Admin)

 

Facebook Comments
About toheleten 22 Articles
Desa Tohe Leten dengan ibu kota desanya Wilain merupakan salah satu Desa di wilayah perbatasan RI-RDTL dalam wilayah Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan