Unik: Kampung ini Punya Perpustakaan dalam Makam

Foto: Maxi Kau Besin/Tampilan Depan Makam yang dilengkapi Perpustakaan

Umumnya tempat penyimpanan buku atau perpustakaan terdapat pada sebuah ruangan khusus di rumah atau perpustakaan. Tempat baca yang baik juga harus didesain khusus agar pengunjung bisa merasa nyaman saat berada di tempat tersebut. Buku-buku refrensipun biasanya disimpan atau disusun pada lemari atau rak-rak buku.

Foto: Evo/Pengunjung Perpustakaan dalam Makam

Berbeda dengan perpustakaan yang satu ini dianggap unik dan perlu nyali untuk baca pada tempat ini. Perpustakaan inipun biasanya dibuka pada sore hingga malam hari .

Foto: Evo/Referensi buku dalam Perupustakaan yang ditata di atas makam

Perpustakaan mini yang ada di Wilain Desa Tohe Leten, Kecamatan Raihat Kabupaten Belu ini terkesan unik karena dirancang dalam sebuah ruangan dengan makam di dalanya. Berbagai macam buku referensi ditata rapi di atas makam sehingga tidak perlu heran ketika anda berkunjung kesini bila tak ada meja atau kursi yang disediakan. Pengunjung bisa langsung memilih buku-buku dan membaca atau menulis di atas makam atau di sekitar pekuburan itu.

Foto: Evo/Aktifitas baca para pengunjung dalam makam

Pekuburan inipun menjadi taman baca di kampung batu karang ini karena terdapat banyak sekali referensi bukunya. Tercatat ada ratusan referensi buku dari tulisan Latin, Jerman, Arab, Inggris, Indonesia dan lainnya. Perpustakaan mini inipun sering dikunjungi pada sore atau malam hari karena dipengaruhi oleh aktifitas warga setempat yang mana siangnya mereka bekerja di kebun dan malamnya mereka menyempatkan diri untuk sekedar membaca di tempat ini.

Tempat baca ini milik keluarga bapak Vinsesnsius Saka Almarhum dan keberadaannya pun persis diatas makamnya bersama kuburan lain yakni saudarinya Bete Bikan Alm.

Foto:Evo/Foto Nai Adat Tohe Melkior Manek Nahak

Dalam ruang inipun dipajang juga beberapa benda peninggalan almarhum dan juga foto salah satu Nai Adat Tohe Alm. Melkior Manek Nahak juga foto Pater Benediktus Atok, SVD.
Alm. Vinsen Saka sendiri merupakan salah satu tokoh penting dari kampung kecil ini beliau pernah menjadi anggota MPR RI pada beberapa waktu lalu. (Adm_Evo)

Facebook Comments
About toheleten 24 Articles
Desa Tohe Leten dengan ibu kota desanya Wilain merupakan salah satu Desa di wilayah perbatasan RI-RDTL dalam wilayah Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan