Situs Meriam Kuno Likubauk gaet Wisatawan Asing

Foto: NN/Para Touris Belgia abadikan momen Meriam Kuno Peningagalan penjajahan

Likubauk-toheleten.sideka.id. Setelah ada upaya penataan situs budaya dan sejarah dari pemerintah desa Tohe Leten di bukit Likubauk-Fatuto’ur pada beberapa waktu lalu, para wisatawan kini ramai mengunjungi tempat tersebut.

Foto: NN/Para Touris Belgia abadikan momen Meriam Kuno Peningagalan penjajahan

Tidak hanya pengunjung lokal yang berdatangan. Hari ini, Jumat 05/05/17 para wisatawan asing mulai mengunjungi situs-situs bersejarah yang ada di wilayah ini.

Para Wisatawan dari Belgia ini datang dan melihat langsung rumah adat tradisional di kampung Wilain dan terus melanjutkan perjalanan ke lokasi Likubauk yang menyimpan sejuta sejarah dengan situs Makam Tua dan Meriam Kuno peningalan masa penjajahan.

Foto: NN/Kunjungan Touris Belgia ke Rumah Adat Tradisional-Uma Manehat Tohe Leten

Touris Belgia ini dihantar oleh salah satu Kepala Suku-Simon Dotik, cs salah satu narasumber yang ada di desa ini. Para wisatawan ini pun tak ketinggalan mengabadikan momen bersejarah ini dengan berselfie ria berlatar belakang rumah adat tradisional yang atapnya terbuat dari ilalang/rumput alang-alang, Meriam dan Kuburan tua para leluhur kita.

Sempat juga dilakukan ritual terima tamu sebagai permohonan ijin dan tanda selamat datang untuk para tamu dengan seeokor ayam jago dan sirih pinang sebagai kurban persembahan pada mesbah.

Foto: NN/Ritual Adat terima tamu di Ksadan Likubauk-Fatuto’ur

Dengan adanya kunjungan wisatawan asing hari ini, Pemerintah/Kepala Desa Tohe Leten-Yonas Engelbert Talok, S.Pd mengajak masyarakat untuk mendukung pembangunan dan pemugaran situs-situs bersejarah yang ada di desanya dan dengan menggunakan sumber dana dari ADD Desa Tohe Leten tahun ini dan tahun berikutnya. Kades juga mengucapkan selamat datang untuk para wisatawan yang telah berkunjung dan akan berkunjung ke Wilain, Likubauk-Fatuto’ur Leowalu. (Adm_Suri Evo)

Facebook Comments
About toheleten 24 Articles
Desa Tohe Leten dengan ibu kota desanya Wilain merupakan salah satu Desa di wilayah perbatasan RI-RDTL dalam wilayah Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan