Pelatihan Pupuk Kompos

Foto: Engel Talok/Pelatihan Pupuk Kompos di Desa Tohe Leten

Wilain-toheleten.sideka.id. Hari ini (Sabtu, 31/12/2016) diadakan pelatihan pupuk kompos bagi kelompok tani di Desa Tohe Leten. Sebanyak 7 poktan binaan di desa ini ikut terlibat aktif. Tujuannya adalah memandirikan masyarakat dalam memanfaatkan bahan dasar alam yang diramu sebagai pupuk. Pupuk Kompos selain mudah proses pembuatannya pemakaian pupuk kompos akan menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah. Jika dibanding dengan penggunaan pupuk organik pupuk kompos lebih bersahabat dengan alam dan murah harganya.

Berikut nama-nama Poktan binaan yang sudah terbentuk dan telah mengikuti pelatihan: Poktan Karunia, Poktan Sumber Makmur, Poktan Hadinan, Poktan Rejeki Poktan KWT Melati, Poktan Putera Loohas dan Poktan Tunas Harapan.

Adapun harapan dari pada kegiatan pelatihan ini adalah adanya pertambahan pengetahuan bagi masyarakat dan kelompok-kelompok tani tersebut bisa mandiri untuk membuat pupuk kompos di lokasi pertanian mereka.

Pemerintah Desa Tohe Leten juga berkomitmen akan trus mendampingi kelompok tani bersama-sama PPL desa agar  hasil pembuatan pupuk bisa dipasarkan selain untuk kebutuhan sendiri dengan menyiapkan sejumlah dana dari APBDesnya.

Foto: Engel Talok/Poktan Pelatihan Pupuk Kompos di Desa Tohe Leten

Narasumber: Kades Tohe Leten-Engel Talok

Foto: Engel Talok

Editor: Evo Sury

Facebook Comments
About toheleten 21 Articles
Desa Tohe Leten dengan ibu kota desanya Wilain merupakan salah satu Desa di wilayah perbatasan RI-RDTL dalam wilayah Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.